Orientasi Kampus ½ hari untuk PhD dan Karyawaan baru


Sudah hampir 2 tahun di UCPH, Denmark, namun baru kali ini merasakan acara penyambutan yang diorganisir pihak kampus, tepatnya departemen Ilmu Tanaman & Lingkungan (PLEN).

Acara dimulai pukul 9 pagi. Karena satu dan lain hal, saya baru bisa bergabung pukul 10 dan masih berkesempatan mengikuti presentasi kepala depatemen PLEN, Svend Christensen. Kebetulan sekali saat saya baru masuk, beliau sedang akan memulai sesi perkenalan satu persatu peserta. Good…ini namanya masuk pada waktu yang pas! Kesan saya terhadap beliau adalah seperti kesan kebanyakan yang saya miliki ketika berkenalan dengan para akademisi di Denmark. Santai jauh dari formalitas dan…..kesan wajib untuk para “pejabat”: terbukti secara empirik bahwa beliau memang butuh semacam asisten untuk mengingatkan beliau hal-hal kecil dan teknis. Sebagai contoh, beliau masih harus bertanya kepada seorang staf yang sepertinya bertaggung jawab penuh atas terselenggaranya acara, bagaimana mengaktifkan akses masuk ke intranet kampus? padahal saya yakin, saban hari aktivitas log in ini beliau lakukan dengan username KU-nya. Ya…..masih bisa dimaklumilah, memang manusia itu tak lepas dari keterbatasan! Presentasi berjalan lancar dan tepat waktu. Setelah melakukan sedikit diskusi di sesi Q&A, selanjutnya peserta diajak keluar ruangan untuk melakukan tur singkat kampus Frederiskberg (FRB) dimana kantor pusat dan kosentrasi aktivitas ilmiah civitas akadmia PLEN berlangsung.


Staf pemamdu atau yang di paragraf sebelumnya saya sebut sebagai penanggung jawab tunggal terlaksananya program orientasi PhD baru, seorang diri menemani peserta untuk mengikuti tur  setelah tadi kepala departmen pamit meninggalkan acara diakhir presentasinya. Sementar itu, di taman hortikulura yang tak jauh dari gedung tempat berlangsungnya acara seorang staf bagian kebun sudah menunggu.

Peserta kegiatan disambut ramah seorang pria dengan perawakan kekar dan tinggi berpenampilan khas seorang pekerja lapang. Beliau menjelaskan keberadaan dan fungsi beberapa kebun kecil dan raya yang dimiliki UCPH di seantero Denmark. Taman Hortikultura kampus FRB adalah salah satunya. Taman ini secara total dan terintegrasi dengan wilayah kampus yang menduduki luasan wilayah sekitar 7 hektar. Mungkin luasan lahan yang diperuntukkan khusus untuk taman terbuka sekitar 25-30% luas lahan kampus.

Tur taman menjadi terasa amat singkat karena mata dan hidung dimanjakan oleh indahnya penataan warna-warni tanaman ornamental dan wewangian alami yang diproduksinya. Kami memulai tur dari taman bunga, pindah ke taman bunga mawar yang sudah mulai bermekaran, masuk ke bawah kanopi hutan dan berkenanalan dengan beberapa tanaman beracun, melihat pohon sepuh nan bersejarah karena sudah ada sejak tahun 1847 dimana taman untuk pertama kalinya di buka untuk umum dan terakhir ada sesi singkat mengenal tanaman pohon yang direkomendasikan untuk ditaman di taman kecil perumahan. Komentar saya terhadap prosesi tur taman kampus yang singkat dan padat ini adalah sangat bermanfaat dan kaya inspirasi soal dunia pertamanan: tidak sia-sia. ini salah satu contoh konkrit akrivitas belajar & bermainnya orang dewasa 🙂


Tur selanjutnya tak kalah menarik. Peserta diajak mengunjungi workshop kerja teknis kampus FRB. Karena nama fasilitas kunjungan selanjutnya adalah workshop, maka yang dilihat tak jauh-jauh dari mesin-mesin berat dan bahan material mentah seperti: logam-logaman, plastik, kayu dll. Kesan mencolok yang bisa saya ambil saat pertama kali mengunjungi fasilitas kampus ini adalah  workshop ini merupakan workshop terapi dan terbersih yang pernah saya kunjungi. Kesan itu diperkuat ketika kami diajak berkeliling satu arah kawasan workshop yang terbilang kecil menurut saya. Sebagai tambahan info, fungsi dari bagian ini adalah untuk memproduksi prototif alat atau ide-ide penelitian para civitas akademika UCPH khsusunya kampus FRB. Tur selesai dengan ditandai oleh bergeraknya kami melalui lorong-lorong kecil yang akan membawa kami kembali menuju hall utama dan berkahir di ruangan dimana presentasi tadi berlangsung.



Acara terakhir dalam rangkaian orientasi kampus FRB kali ni adalah sebuah presentasi dari pihak perpustakaan. Presentasi kali ini juga tak kalah sarat informasi dan sudah pasti menambah wawasan peserta khususnya terkait dunia literatur, jurnal, buku dan pernak perniknya. Alhamdulillah….acara berkahir tepat sesuai jadwal yang disertakan di undangan. sekitar pukul 12.30 peserta dan satu orang panitia berpisah pertanda acara berkahir. Lepas saling mengucapkan terima kasih sebagai bentuk apresiasi kerja semua pihak, saya meninggalkan ruangan dan langsung menuju kantor yang kebetulan hanya beberapa langkah dari lokasi diselenggarakannya cara. Barakallah, semoga bermanfaat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s